Unjuk Rasa Hardiknas, 1 SSK siaga di Mapolres

Balikpapan - Dengan adanya aksi unjuk rasa para mahasiswa Balikpapan di Kantor Wali Kota dan Gedung DPRD pagi ini, sebanyak 1 SSK atau 120 Personel Batalyon A Pelopor yang dipimpin oleh Danki 2 Pelopor Iptu Edy Musdwiyono, S, Sos disiagakan di Mapolres Balikpapan. Informasi yang berhasil dihimpun, unjuk rasa akan dilakukan pukul 09.00 Wita untuk menyampaikan aspirasi khususnya dalam hal pendidikan. Ini juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei.

Menurut salah satu peserta unjuk rasa, Didi, aksi mahasiswa tersebut dimulai dengan berkumpul di Universitas Balikpapan dan Gedung Nasional. Setelah itu dilanjutkan dengan longmarch menuju Gedung Wakil Rakyat dan Kantor Wali Kota.

Beberapa yang akan disuarakan adalah terkait dengan karut-marutnya pelaksanaan UN. Kemudian, berbagai tuntutan misalnya meminta Mendikbud mundur, meminta penghapusan standardisasi nilai kelulusan yang dilakukan oleh pusat, membangun kurikulum yang berkarakter Indonesia, membangun sumber daya dan fasilitas pendidikan yang representatif serta menolak KKN di bidang pendidikan.  

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Balikpapan Ajun Komisaris Sri Wiyanto mengatakan pengamanan akan dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan.

“Kalau memang massanya banyak akan kita lakukan pengalihan arus. Sementara kalau sedikit akan kita lakukan sistem buka tutup,” terangnya.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa personel kepolisian yang akan dikerahkan. “tergantung situasi. Tapi kita harapkan satu orang pedemo berbanding dengan dua personel polisi,” tandasnya