Menyambut May Day, 2 SSK Batalyon A Pelopor Disiagakan

Balikpapan - Meski hingga Selasa (30/4) sore, belum ada pemberitahuan atau informasi akan adanya aksi dalam menyambut May Day atau hari buruh, namun, Polres Balikpapan telah menyiagakan aparatnya untuk mengantisipasi bila terjadi aksi-aksi terkait May Day, Rabu (1/5), hari ini.

"Sampai hari ini, belum ada yang memberitahu kami mau menggelar aksi terkait hari buruh. Namun, kami tetap menyiagakan aparat kami untuk mengantisipasi adanya unjuk rasa dari para pekerja di Balikpapan," kata Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono.

Tak kurang satu kompi personel dari Satuan Sabhara sudah disiapkan sejak jauh hari. Ditambah lagi kekuatan kepolisian lainnya, seperti dari Dalmas Ditsabhara Polda Kaltim dan Satbrimob Polda Kaltim, sebagai personel pendukung bila terjadi unjuk rasa.

"Semua satuan kami siapkan masing-masing satu kompi. Untuk antisipasi keamanan dan kondusifitas kota," ungkap Sabar.

Ia berharap tidak terjadi aksi unjuk rasa yang dapat mengganggu ketertiban kota. "Kami berharap, peringatan hari buruh di Kota Balikpapan dapat berlangsung tertib dan damai. Kami mengimbau agar seluruh elemen masyarakat yang menyampaikan aspirasi pada hari buruh kali ini agar tidak mengarah pada tindakan anarkis maupun provokatif," ujar Sabar.

Informasi tiadanya aksi unjuk rasa pada hari buruh kali ini juga dilontarkan Kadisnaker Kota Balikpapan Amin Latief.  Menurutnya, hingga kini belum ada kelompok serikat pekerja yang melapor akan menggelar aksi terkait peringatan hari buruh.

"Di Kota Balikpapan saya kira tidak ada ya. Karena hingga kini belum ada informasi terkait kegiatan peringatan hari buruh yang masuk ke kami. Menurut saya, para pekerja di Kota Balikpapan lebih memilih bekerja dengan baik saja. Ketimbang menggelar aksi unjuk rasa di jalanan," kata Amin