Kurangi Pemanasan Global, Yon A Pelopor Tanam Mangrove

Balikpapan - Terjadinya fenomena di muka bumi saat ini, berupa pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak menentu, merupakan suatu tantangan bagi kita semua. Salah satu upaya untuk mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim adalah dengan memperbanyak menanam pohon dan tanaman-tanaman secara berkesinambungan.

Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-67, Kapolda Kaltim Brigjen Pol Dicky D. Atotoy bersama segenap pejabat Utama  Polda Kaltim melaksanakan  Penanaman bibit mangrove yang dipusatkan di  Kawasan Mako Polair Somber Balikpapan Barat, Selasa (25/6),hadir juga Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Dwi Yanto Nugroho, SIK beserta 140 Personel yang dipimpin oleh Komandan Kompi 1 Pelopor AKP Indra Wahyu madjid, SIK.

Danyon A Pelolpor mengatakan bahwa gerakan ini berguna untuk melestarikan hutan mangrove, dan mengembalikan kondisi ekosesitem serta keragaman hayati (bio-diversity) bagi tanaman mangrove.

Menurutnya, kegiatan menanam mangrove tersebut juga dalam rangka HUT ke-67 Bhayangkara dan Satbrimob beserta jajarannya juga turut dalam rangka menyukseskan gerakan menanam satu miliar pohon yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia mengatakan saat ini kondisi pantai  di Balikpapan cukup memprihatinkan. Karena itu perlu upaya semua pihak untuk mengembalikan kondisinya keadaan semula.Penanaman bibit mangrove ini lanjutnya sebagai bentuk kepedulian Polda Kaltim terhadap lingkungan, untuk memulihkan kerusakan hutan. Selain itu juga untuk mengantisipasi banjir dan erosi yang sering terjadi akibat kurangnya resapan air. Penanama pohon ini untuk reboisasi atau pembenahan hutan.