Tim SAR Detasemen A Pelopor Evakuasi Korban Banjir Kota Balikpapan

Balikpapan - Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan selama 5 jam membuat sejumlah wilayah di Kota Balikpapan terkena banjir, Rabu (03/04/2017).
Banjir setinggi 50 centimeter menggenangi jalan M.T Haryono dan bebeberapa titik jalan di kota Balikpapan, yang mengakibatkan aktivitas di daerah tersebut lumpuh total.

Atas perintah langsung Kepala Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heriyandi, SIK, Kepala Detasemen A Pelopor AKBP Dieno Hendro Widodo, SIK langsung mengerahkan anggota SAR untuk bergeser ke TKP dan mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

Evakuasi itu sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Detasemen A Pelopor AKP Yudha Hermawan, SH, MM bersama 35 anggota Detasemen A Pelopor yang terlatih dalam kegiatan SAR.

Dibentuknya tim SAR Brimob bertujuan untuk membantu, menyelamatkan ataupun pencarian masyarakat yang terkena musibah baik banjir, tanah longsor dan sebagainya.
Adapun wilayah Balikpapan yang disiagakan untuk kawasan-kawasan rawan banjir antara lain jalan MT. Haryono dan Jalan Beller. Banjir sering terjadi dikarenakan daerah MT. Haryono dan Jalan Beller adalah daerah yang memiliki kontur tanah rendah.

"Walaupun debit air sudah surut, Personil Detasemen A Pelopor tetap di siagakan kalau sewaktu-waktu curah hujan bertambah, Tim SAR yang siaga bisa langsung mengantisipasi." Ujar AKBP Dieno Hendro Widodo, SIK