Antisipasi Pembobolan Rumah Kosong di Saat Mudik Lebaran, Regu Patroli Brimob Rutin Gelar Sosialisasi di Siskamling

BALIKPAPAN - Tidak terasa bulan Ramadhan 1438 H telah memasuki hari ke 25 atau biasa juga disebut dengan H-5 lebaran, dalam waktu-waktu ini banyak sekali warga masyarakat yang melaksanakan mudik untuk berlebaran di kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang lumayan lama, hal tersebut sangat rentan terjadi tindak kejahatan pembobolan rumah kosong oleh orang yang memanfaatkan situasi dan tidak bertanggung jawab.


Untuk mengantisipasi hal tersebut Regu Patroli Brimob yang berasal dari Batalyon A Pelopor melaksanakan Patroli malam dengan sasaran pemukiman masyarakat yang dianggap rawan tindak kejahatan serta pos-pos siskamling di kota Balikpapan. Selasa, (20/6/2017).

Bukan hanya di malam hari, pembobolan rumah kosong juga sering terjadi di siang hari, jadi pada setiap sosialisasi regu Patroli Brimob selalu mengharapkan kepada masyarakat untunk selalu memantau rumah tetangga yang kosong karena di tinggal mudik pemiliknya agar terhindar dari tindak kejahatan selain itu regu Patroli Brimob juga menghimbau untuk bersama-sama menjaga wilayah tempat tinggalnya masing-masing agar tercipta suasana aman dan nyaman.

Plh. Danyon A Pelopor Kompol Indra Wahyu Madjid, S.I.K. mengatakan bahwa tujuan regu Patroli Brimob melaksanakan patroli ke pos-pos siskamling adalah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah aksi pembobolan rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. "Selain memberikan Sosialisasi, saya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar saling bekerja sama dalam menjaga keamanan di daerah masing-masing, apabila melihat gelagat seseorang atau sekelompok orang yang mencurigakan segera laporkan ke pihak yang berwajib dalam hal ini kantor Polisi terdekat." Ujar Kompol Indra Wahyu Madjid, S.I.K.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K. memerintahkan kepada seluruh Personel Satbrimob Polda Kaltim agar lebih meningkatkan kewaspadaannya dalam memasuki Lebaran, karena saat-saat dekat dengan Lebaran inilah tingkat kejahatan semakin tinggi dikarenakan banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. "Satbrimob Polda Kaltim akan selalu siap siaga untuk melayani masyarakat yang akan melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Kaltim dan Kaltara." Tambah Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K.