Brimob Paser Peringati Nuzulul Quran di Masjid Bina Taqwa Mapolres Paser.


TANA PASER - Di Indonesia biasanya setiap tanggal 17 Ramadan diperingati dengan hari Nuzulul Quran, biasanya dilakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur'an. Dilihat daripada bulan kita untuk berpuasa sebulan penuh maka turunnya Al Quran terjadi pada bulan ramadhan. Dan dilihat daripada 10 hari terakhir pada bulan ramadhan turunnya lailatul qadar maka tentunya turunnya Al Quran terjadi pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan.

Menyikapi hal ini Mapolres Paser melaksanakan peringatan Nuzulul Quran di Masjid Bina Taqwa Mapolres Paser, dengan mengusung tema "Dengan Hikmah Nuzulul Quran Membangun Ukhuwah Islamiyah Dalam Rangka Tangkal Terhadap Radikalisme Dan Intoleransi di Polres Paser". Rabu, (15/6/2017)

Selain dihadiri oleh Personel Polres dan Seluruh Polsek di Tana Paser, kegiatan ini sendiri juga dihadiri oleh Personel Kompi 3 Batalyon A Pelopor yang dipimpin langsung oleh Iptu Agus Susanto sebagai Danki 3 Batalyon A Pelopor.

Sebagai Penceramah adalah Wakil Ketua MUI Kabupaten Paser Bapak Drs. H. Leman Mahfud. Beliau menyampaikan bahwa Nuzulul Qur'an secara harfiah berarti turunnya Al Quran (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.

Wahyu pertama yang diturunkan Kepada Nabi Muhammad SAW adalah Surat Al Alaq ayat 1-5 yang artinya :
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah,
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.

Plh. Danyon A Pelopor Kompol Indra Wahyu Madjid, S.I.K. mengatakan bahwa giat Nuzulul Quran ini selain bertujuan mempererat tali Silaturahmi antar anggota Polri se Kabupaten Paser. "Saya harapkan giat ini bisa menambah pengetahuan anggota dalam hal keagamaan serta dapat menunjang pelaksanaan tugas Personel Kompi 3 Batalyon A Pelopor kedepannya. " Tambah Kompol Indra Wahyu Madjid, S.I.K.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K. memerintahkan kepada seluruh Personel Satbrimob Polda Kaltim agar selalu membina hubungan baik kepada satuan wilayah agar dalam pelaksanaan tugas kepolisian dapat berjalan dengan baik. "Nuzulul Quran harus dimaknai sebagai upaya untuk kembali mempelajari Alquran dan semua sirah Nabi Muhammad SAW, kehadiran Nabi Muhammad SAW adalah sebagai penjelas dan penerjemah paling benar terkait informasi-informasi Alquran." Ucap Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K.