Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Kota Balikpapan, Iptu Ahmad Supriyadi, S.H. Ikuti Bimbingan Teknis Sistem Monitoring Karhutla.

BALIKPAPAN - Wilayah Kalimantan Timur sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, banyak masalah-masalah yang di akibatkan oleh kemarau antara lain kekeringan dan yang paling menjadi perhatian penting adalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk mengatasi dan mencegah hal ini Iptu Ahmad Supriyadi, S.H. mewakilii Batalyon A Pelopor mengikuti bimbingan teknis sistem monitoring karhutla di Mapolres Balikpapan. Rabu, (07/09/2017).

Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kaltim dan Kaltara dengan menggunakan aplikasi komputer serta penyelidikan atau penyidikan tindak pidana karhutla di di wilayah hukum Polda Kaltim.


"Mengingat wilayah Kaltim dan Kaltara merupakan wilayah yang masih banyak terdapat hutan dan seringnya pembukaan lahan untuk bercocok tanam oleh masyarakat yang kebanyakan masih di lakukan dengan cara membakar, maka dari itu saya rasa kegiatan seperti ini dinilai sangat penting agar karhutla bisa di tekan semaksimal mungkin dan pelaku bisa di proses sebagaimana hukum yang berlaku." Ujar Kompol Indra Wahyu Madjid, S.I.K. selaku Plh. Danyon A Pelopor.


Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K. memerintahkan personel Satbrimob Polda Kaltim untuk mengamankan pelaku pembakaran hutan dan lahan serta segera serahkan kepada satuan kewilayahan agar di proses secara hukum. "Hal ini dilakukan supaya ada efek jera, sehingga kedepannya pelaku tidak melaksanakan pembakaran hutan dan lahan lagi dengan alasan apapun." Tambah Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K.