Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP, Brimob Kaltim Kawal Aksi Unras Mahasiswa Balikpapan

Balikpapan - Kamis (31/10/2019) Puluhan mahasiswa di Kota Balikpapan kembali berunjuk rasa di depan kantor DPRD Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Demo dari para mahasiswa kali ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan di kota Balikpapan.

Mereka mendesak DPRD Kota Balikpapan agar menyampaikan aspirasi mereka untuk membatalkan RUU KUHP yang dinilai tidak masuk akal. Mahasiswa yang berdemonstrasi kini terdiri dari berbagai organisasi mahasiswa di kota Balikpapan.

Mereka berjalan kaki dari Simpang Tiga lampu merah BC, menuju kantor DPRD Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman Kota Balikpapan. Setibanya di depan kantor  DPRD mereka di kawal ketat oleh petugas kepolisian.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta Y. A. P., S.I.K mengatakan pihaknya mengerahkan sekitar 100 personel dan meminta Bantuan 1 SSK Anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim yang berkemapuan anti Huru-hara serta 1 Peleton Anti Anarkis. 1 SSK Anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim ini sudah disiagakan dengan Alsus PHH di halaman DPRD guna tanggulangi apabila eskalasi unjuk rasa meningkat.


Menyikapi Hal tersebut Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K mengungkapkan bahwa "Kedepannya, saya harapkan kepada seluruh anggota yang melaksanakan BKO Polres Balikpapan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik dan semaksimal mungkin agar situasi kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polda Kaltim dapat terjaga dan bisa selalu kondusif." Ujar  Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K. selaku Danyon A Pelopor.

"Untuk masa yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa damai diharapkan dapat menyampaikan aspirasi sesuai dengan protap yang ada dan jangan lakukan tindakan-tindakan yang memacu konflik yang berujung merugikan semua pihak, untuk personel Satbrimob Polda Kaltim yang melaksanakan BKO Polda Kaltim saya perintahkan agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada, hadapi massa secara humanis, serta selalu patuhi perintah Komandan penugasan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan baik dan sesuai dengan harapan pimpinan." Ucap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi, S.I.K. dikesempatan yang berbeda.