Brimob Batalyon A kerahkan "water canon" semprot Antiseptik di Pelabuhan Semayang

Kota Balikpapan - Batalyon A Pelopor Satbrimob, mengerahkan "Armoured Water Canon" (AWC) dalam penyemprotan cairan Antiseptik di beberapa bagian kota Balikpapan untuk mencegah penyebaran COVID-19. (9/4).

Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K mengatakan, penyemprotan menggunakan mobil "water canon" untuk mengantisipasi penularan COVID-19 melalui virus yang menempel di banyak tempat.

"Ini salah satu upaya kami dalam menangani penularan wabah virus corona ini. Kita minimalisir dengan menyemprotkan antiseptik," ujarnya.

Ia mengatakan, penyemprotan massal ini merupakan tindak lanjut surat telegram yang dikeluarkan oleh Kapolri Jendral Idham Azis dengan nomor ST/868/III/KEP./2020 tanggal 13 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri tentang Antisipasi Perkembangan Pandemik Virus Corona (COVID-19).

Isi telegram tersebut adalah penyemprotan antiseptik secara massal untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Menyikapi hal tersebut, Brimob Kaltim Batalyon A Pelopor mengerahkan mobil "water canon" untuk menyemprotkan antiseptik secara massal di beberapa ruas jalan dan perumahan di Kota Balikpapan.

Selain penyemprotan, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa membatasi diri dengan tidak keluar rumah atau menjaga jarak sosial (physical distancing) demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Jadi sekali jalan, penyemprotan antiseptik berjalan sosialisasi lewat pengeras suara juga kita lakukan. Di mobil 'water canon' itu ada pengeras suaranya dan langsung kita edukasi masyarakat," katanya.