Brimob Himbau Kerumunan Warga Balikpapan di Jalan Terapkan Sosial Distancing Selama Ramadhan



Kota Balikpapan, Kaltim – Satuan Brimob Polda Kaltim memastikan bakal himbau kerumunan orang yang melakukan aktivitas saat bulan suci Ramadhan. Kedua aktivitas tersebut yakni berkerumun ketika menunggu berbuka dan Sahur On The Rood (SOTR).

Menurut Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK melalui Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK, ada petugas Yon A Pelopor Brimob Kaltim yang melakukan patroli rutin jelang waktu berbuka dan ketika malam hari sampai menjelang pagi.

“Iya tentu untuk meminta warga tak berkerumun saat ngabuburit dan SOTR. Karena saat pandemi corona ini, warga diimbau untuk berada di rumah dan tak berkerumun di luar,” kata Jihn Huntal di Balikpapan, Sabtu 25 April 2020.

John Huntal melanjutkan tim patroli saat Ramadhan fokus pada lokasi yang dianggap rawan terjadi kerumunan. Seperti di seputaran Lapangan Merdeka dan Sepanjang Jl. Jend. Sudirman Balikpapan.

“Kami lihat kemarin Lapangan Merdeka sudah agak sepi, lalu Jl. Jend. Sudirman juga lumayan agak menurun. Beberapa tempat di daerah Balikpapan utara juga. Hanya ada jualan takjil tapi dibawa pulang,” kata Kombes John Huntal ini.

Ia mengaku pihaknya tak segan menghimbau warga terapkan sosial Distancing jika berkerumun. “Kalau nongkrong dan duduk – duduk nunggu buka, kami akan himbau untuk kembali ke rumah,” kata John Huntal.

Selain itu, SOTR juga bakal dilarang dan bakal dilakukan himbauan karena berlangsung saat pandemi Covid-19.

“Mungkin tahun lalu gak ada masalah tapi saat ini semua mengundang penularan. Kami gunakan secara preveentif untuk menghimbau Sosiak Distancing kerumunan tersebut. Kalau kerumunan pasti kami tegur,” katanya.

Khusus untuk antisipasi mudik, John Huntal menghimbau warga tak mudik dulu. “Tunggu pandemi corona ini berakhir, usai itu silahkan,” kata John Huntal.

“Upaya itu kami lakukan agar Ramadhan tahun ini berjalan aman,” tutur John Huntal.