Pandemi Covid-19, Brimob Imbau Warga Balikpapan Yang Bandel Nongkrong di Pinggir Jalan

Kota Balikpapan, Kaltim – Sebagian warga Balikpapan belum melaksanakan imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona covid-19. Masih banyak warga yang berkerumun di jalanan sembari duduk tanpa tujuan jelas.

Kerumunan warga Kota Balikpapan terlihat di daerah Karang Jawa Balikpapan Barat Kota Balikpapan. Mereka juga duduk di trotoar.

Hal ini membuat tim patroli Brimob Kaltim yang melintas menghimbau kerumunan warga yang duduk di pinggir jalan.

Menurut Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K, beberapa personel juga langsung menghampiri warga berkerumun. Mereka diingatkan tentang bahaya tidak menjaga diri dengan yang lain di tengah ancaman virus corona.

“Warga diingatkan agar tidak beraktivitas apabila tidak penting selama masa darurat karena virus corona. Semuanya untuk keselamatan masyarakat juga, tahan dulu berkumpul-kumpul hingga virus ini tidak ada lagi,” kata John Huntal, Jumat siang, 24 April 2020.

John Huntal menjelaskan, giat memantau aktivitas warga di jalanan ini berlangsung Jumat Siang, 24 April 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama masa siaga darurat virus corona ini berlangsung untuk memutus rantai penyebaran.

Ia menjelaskan, personel patroli Brimob menyusuri jalan-jalan di Balikpapan. Selain menghimbau warga tak berkerumun juga diingatkan agar masyarakat selalu menjalani pola hidup sehat.

“Jadi sebelum pulang ke rumah, warga diingatkan tentang menjaga jarak sosial, tidak keluar rumah lagi, cuci tangan sesampai di rumah, konsumsi makanan sehat untuk mencegah terinfeksi virus corona,” kata John Huntal.