Patroli Brimob Imbau Warga Balikpapan Rajin Berjemur dan Olahraga Demi Tangkal Corona


Kota Balikpapan, Kaltim – Tim patroli motor Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim meminta masyarakat Balikpapan memperkuat sistem imun tubuh untuk mencegah penularan virus corona.

Salah satu caranya dengan berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

“Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga,” ujar Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK melalui tim patroli, Jumat (24/4/2020).

“Karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh. Kalau daya tubuh kuat, virus juga tidak bisa berkembang,” lanjut dia.

Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK melanjutkan, sebagai negara tropis, Indonesia terkhusus Kaltim memiliki keuntungan karena memiliki suhu relatif hangat dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa.

Keuntungan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sejumlah manfaat.

“Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain,” ujar John Huntal.

“Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas, dia (virus) tidak bisa berkembang. Nah keuntungan kita negara yang tropis seperti itu,” lanjut dia.

Kemudian, ia mengingatkan masyarakat juga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah serta vitamin.

Terakhir, masyarakat juga diminta untuk rutin mencuci tangan dengan sabun secara benar.