Tingkatkan Keamanan Dibulan Ramadhan Brimob Sambangi Rutan Balikpapan



Kota Balikpapan, Kaltim – Dalam rangka meningkatkan rasa aman dan kondusif terhadap Rutan Kelas II B Balikpapan, patroli Brimob Kaltim melakukan koordinasi dan sinergitas tugas dengan pihak Rutan Balikpapan untuk melakukan sambang Rutan setiap harinya serta melakukan kontrol keadaan guna memastikan keamanan dan ketertiban lingkungan Rutan.

Hal ini dirasa sangat penting karena menurut Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK antisiapsi (Rutan Balikpapan) tidak kecolongan adanya pelarian napi besar-besaran.

Melalui tim patroli Brimob Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK juga meminta kepada seluruh petugas jaga agar selalu waspada dengan keadaan, mengingat sekarang bulan puasa yakni aktivitas keagamaan para WBP terjadi sampai malam (Sholat Tarawih) untuk itu sebagai kami menyarankan kepada Kepala Rutan Balikpapan agar selalu aktif dalam melalukan pemantauan dan memonitor langsung aktivitas kegiatan para WBP sehingga dapat dipastikan keadaan benar-benar kondusif dan terkendali.

Apabila terjadi sesuatu permasalahan atau hal yang dianggap bisa mengganggu keamanan dan ketertiban Rutan segera menghubungi aparat keamanan serta koordinasikan dengan pimpinan sehingga segala risiko tidak ditanggung sendiri dan tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

“Saat ini kami sudah melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Rutan maupun Lapas di Balikpapan yakni dengan sering disambanginya Lapas/Rutan oleh pihak Brimob.” Ujar Kombes John Huntal, Jumat malam (24/4/2020).

Beberapa waktu lalu patroli Brimob terjun langsung untuk memantau keadaan situasi Lapas Balikpapan benar-benar aman dan kondusif.

“Hal ini membuktikan bahwa Kemenkumham dan Kepolisian telah melakukan sinegitas tugas dengan baik, selaku institusi penegak hukum kita harus saling menjaga kekompakan, integritas dan kewibawaan aparat keamanan sehingga pada ujungnya masyarakat benar-benar menyadari dan merasakan akan suasana aman dan kondusif.” Tutup Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK