Waspada Covid-19, Patroli Brimob Kaltim Himbau Juru Parkir Swalayan Pakai Masker

Kota Balikpapan, Kaltim – Patroli Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim sambangi juru parkir yang bertugas di wilayah Swalayan Alfamart Sepinggan Balikpapan, sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

Selain menyambangi jukir, tim patroli Yon A Pelopor ini juga menyampaikan sosialisasi tentang penggunaan masker saat bekerja serta pentingnya menjaga pola hidup sehat dan meningkatkan ketahanan tubuh dengan mengonsumsi jenis makanan yang bergizi.

“Kegiatan ini juga dalam rangka menindaklanjuti Maklumat Kapolri,” kata Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K., Minggu malam (19/4).

Upaya antisipasi perlu terus dilakukan, mengingat penularan virus asal Wuhan, China tersebut sangat cepat dan membahayakan.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah Indonesia, pasien yang tertular COVID-19 terus mengalami kenaikan di Indonesia setelah pengumuman dua WNI yang terinfeksi virus ini di awal Maret 2020.

Juru Parkir menjadi salah satu atensi Satbrimob Polda Kaltim untuk memutus rantai penyebaran corona. Pasalnya, juru parkir sangat rentan kontak fisik secara langsung dengan para pengguna jasa parkir dalam setiap aktifitasnya.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K mengatakan, “mereka (jukir) tidak pernah tahu apakah si pengguna jasa parkir dalam keadaan sehat atau sudah terindikasi suatu penyakit yang disebabkan bakteri atau virus,” ujarnya.

Mereka diberikan sosialisasi terkait virus corona dari cara penularannya sampai pencegahannya.