Pasar Tradisional Ramai Jelang Lebaran, Brimob Kaltim Imbau Masyarakat Pakai Masker

KALTIM, Kota Balikpapan -- Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K mengatakan, kondisi banyaknya masyarakat memadati pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, hal ini menjadi fenomena permasalahan di Indonesia.

Dansat Brimob, John Huntal menyampaikan kepada tim Humas Brimob Kaltim kondisi pasar di Kota Balikpapan ramainya mulai bertambah menjelang lebaran. Sampai beliau memerintahkan tim patroli sambangi pasar tradisional di Kota Balikpapan untuk mengimbau masyarakat menggunakan masker setiap harinya.

"Kita rutin lakukan himbauan protokol kesehatan dan maklumat Kapolri, memang tipikal masyarakat kita seperti itu apa adanya, jadi kita akan selalu sosialisasikan dan edukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19," kata John Huntal Sarjananto Sitanggang, Sabtu (23/5/2020).

John Huntal mengatakan, Satbrimob Polda Kaltim melalui patroli Batalyon A Pelopor berkali-kali sudah mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga physical, pakai masker, rajin cuci tangan dan tetap di rumah.

"Bagaimanapun, itu menjadi tipikal masyarakat kita. Kami cuma bisa mengimbau, di lain pihak kami menyadari masyarakat ingin merayakan hari kemenangan, dan juga kami berusaha menghimbau agar menjaga penularan Covid-19 ini berlanjut," ucap John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya pencegahan Covid-19, seperti melaksanakan dapur lapangan Brimob Kaltim, membagikan nasi bungkus untuk buka puasa gratis supaya masyarakat tidak keluar rumah, membagikan masker gratis, membagikan sembako gratis door to door dan menghimbau untuk tidak berkerumun. Hal ini dilakukan sebagai wujud bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

"Kami menghimbau kepada para pedagang di pasar tradisional, ini saatnya mereka mencari rezeki. Kami cuma bisa mengimbau untuk menjaga penularan Covid-19, agar tidak menyebar," kata John Huntal Sarjananto Sutanggang. 

Selain itu dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat selama bulan Ramadhan ini sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.