Disidik Kutim Persiapkan PPDB Melalui Daring



SANGATTA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) mulai mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan pada Juni 2021 ini secara dalam jaringan (Daring) karena masih situasi pandemi Covid-19. Dengan alasan tersebut PPDB dilaksanakan secara daring untuk menghindari kerumunan massa.

Sehingga dalam prosesnya meminimalisir terjadinya kontak fisik. Saat dikonfirmasi Kadisdik Kutim, Roma Malau menuturkan bahwa terkait PPDB akan mulai dilakukan pada pertengahan bulan yakni kisaran tanggal 21 Juni 2021 mendatang khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD).

"File persyaratan silahkan diunggah di alamat website  https://ppdbkutim.id. Persyaratan seperti Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran wajib dipersiapkan untuk diunggah ke situs resmi PPDB 2021 Kutim," sebutnya.

Pendaftaran dilakukan secara serentak. Portal situs akan dibuka untuk pendaftaran sesuai dengan jadwal pelaksanaan pendaftaran yang telah ditentukan. Dijelaskan bahwa alur pendaftaran seperti pada sebelumnya yakni jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua.

"Jadi setiap jalur ada ketentuan jika memenuhi kriteria maka calon siswa/i berhak untuk mengikuti jenjang pendidikan di sekolah tersebut," paparnya. Diakui, sebelumnya pihaknya telah melakukan koordinasi bersama seluruh kepala UPTD pendidikan se Kutim untuk melakukan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring atau online.

"Sosialisasi bertujuan supaya nantinya setiap sekolah bisa berkoordinasi dengan Kepala UPTD dalam pelaksanaan PPDB online," paparnya. Bahkan pihakanya telah melibatkan para stakeholder demi menyukseskan PPDB secara daring tersebut. Sehingga semua aspek itu sudah tertera di setiap sekolah sebagai upaya pihaknya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Dengan melibatkan peran semua stakeholder, baik tokoh masyarakat, tokoh adat maupun tokoh agama dan lain sebagainya. Sebab.pendidikan bukan hanya tanggungjawab kami semata tetapi semua stakeholder yang terkait," tandasnya.