Disnakertrans Ajarkan Cara Pembuatan Makanan dan Kue Bagi Wanita di Kubar



SENDAWAR - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Barat (Kubar) memberikan pelatihan secara langsung praktek pembuatan aneka makanan dan kue yang nantinya bisa dikembangkan untuk menjadi potensi usaha di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

"Kemarin (Selasa) para peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu mengenai konsep wirausaha agar nantinya bisa mengembangkan untuk membuka peluang usaha. Hari ini (Rabu) diajarkan langsung untuk proses pembuatan berbagai macam makanan maupun kue," kata Kepala Disnakertrans Kubar, Silan, Rabu (16/6/2021).

Pelatihan wirausaha tersebut menghadirkan pemateri dari salah satu pengusaha home industri, yakni Wiwin Gunawan yang mempunyai usaha toko online Pipo Shop. Usaha toko online tersebut dirintisnya sejak tahun 2017 silam di Kubar tepatnya di Kampung Ngenyan Asa.

Berjuang dengan keahlian membuat makanan dan kue, Win sapaan akrabnya, cukup sukses dengan usaha yang digelutinya hingga sekarang. Hampir setiap hari selalu mendapatkan pesanan pembuatan makanan atau kue untuk disajikan dalam berbagai acara serta saat diundang menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan seperti ini, Dia sangat berterima kasih untuk dapat dipercaya membagikan ilmunya.

"Kalau untuk buka kelas pelatihan, sementara ini belum. Jadi hanya melalui kerjasama pelatihan seperti ini saja dulu. Saya ucapkan terima kasih karena sudah mempercayakan untuk kedua kalinya menjadi pemateri dalam pelatihan wirausaha Disnakertrans Kubar. Semoga melalui kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang masih kita alami sekarang," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Win langsung mengajarkan proses pembuatan kue diantaranya puding cokelat, pai serta cake tape. Proses pembuatan kue ini diikuti secara seksama oleh para peserta dan tidak ingin melewatkan sedikitpun proses pembuatan berbagai macam kue yang disampaikan oleh pemateri.

"Ya sayang kalau sampai terlewatkan prosesnya, jadi harus benar-benar memperhatikan. Kami juga sangat senang bisa mendapatkan ilmu seperti ini, selain bisa menambah pengetahuan mengenai resep kue. Juga mendapatkan pengetahuan bagaimana untuk bisa membuka peluang usaha," kata Tina salah satu peserta pelatihan.